Jumat, 12 November 2010

PROPOSAL E-BUSINESS


PEMBUATAN PROSAL E-BUSINESS PLAN
SERVICE DAN PENJUALAN PERLENGKAPAN
KOMPUTER










































Awalludin
30108359
3db07














PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Pada era globalisasi modern sekarang ini komputer / laptop adalah sebuah alat yang sudah sangat pupuler. komputer telah memberikan berbagai macam kemudahan bagi maunusia dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas harian. Menonton film, bermain game, menyelesaikan tugas hingga melaksanakan pekerjaan kantoran kesemuanya sekarang sudah tidak terlepas dari komputer karena semua hal tersebut dapat dilaksanakan dalam satu alat yang bernama komputer tersebut.
Melihat paradigma dan perkembangan kepopuleran komputer dalam masyarakat, kita dapat mencermati bahwa hampir semua lapisan masyarakat sudah bisa untuk menjalankan / mengoperasikan komputer namun tenaga yang bisa untuk memberikan jasa service komputer masih amat terbatas. Dengan latar belakang pendidikan pada jurusan informatika universitas muhammadiyah malang dan melihat peluang bisnis yang terbuka lebar tersebut, kami bermaksud untuk membuka usaha sevice computer yang mampu memberikan hasil kerja yang berkwalitas dengan pelayanan yang sangat memuaskan.

1.2  Tujuan Pembangunan Usaha

Dalam pembangunan usaha ini terdapat beberapa tujuan yang hendak ingin dicapai
yang merupakan indikator dasar pembuatan usaha ini :

1.      Media dalam mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama kuliah.
2.      Membantu masyarakat yang kesulitan ketika komputenya rusak dengan cara
menawarkan jasa service.
3.      Memanfaatkan peluang usaha yang memiliki prospek yang amat menjanjikan untuk
kedepanya.
4.      Membuka peluang kerja baru bagi mahasiswa informatika yang baru lulus.


II. ANALISA PRODUK

2.1 Produk Yang Ditawarkan

Produk yang ditawarkan kepada konsumen dalam usaha ini adalah berupa jasa servis
dan penjualan perlengkapan computer.

2.1.1 Jenis servis komputer yang nanti akan kami tawarkan meliputi :

>Servis hardware
Servis hardware nantinya meliputi perbaikan pada bagian fisik komputer yang
mengalami kerusakan seperti masalah pada hardisk, ram, dvd rom / rw dan lain-lain.
>Software.
Untuk kerusakan pada software, nantinya kami menangani masalah seperti masalah virus atau kesalahan penggunaan yang berakibat pada rusaknya system operasi pelanggan tersebut.


2.1.2 Jenis penjualan perlengkapan computer yang akan dijual adalah :

>Aksesoris computer (Pelindung keyboard dan desktop, Speker, pembersih
computer dan lain-lain.)
>Perlengkapan suku cadang computer (Ram, Hardisk, keyboard PC, dan lain-lain.)


2.2 Keunggulan Produk
. Keunggulan usaha yang kami tawarkan disini telah kami analisa dengan baik sehingga dengan keunggulan-keunggulan tersebut kami dapat menarik konsumen lebih banyak. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah :
1. Konsultasi kerusakan computer secara gratis.
Konsumen dapat mengkonsultasikan kerusakan komputenya secara gratis lewat e-mail
atau lewat group facebook yang telah kami buat.

2. Penanganan servis oleh tenaga yang berkompeten dalam bidangnya.
Tenaga kerja yang menangani masalah servis adalah mahasiswa teknik informatika yang
memiliki wawasan tentang computer.

3. Adanya jaminan terhadap barang yang diservis.
Kami memberikan garansi atas computer yang kami servis
4. Harga perlengkapan komputer yang lebih murah.
Barang yang kami jual diambil langsung dari prodesen sehingga jual kekonsumen murah.




II.                ANALISA PASAR


3.1 Peluang Pasar
Peluang pasar yang dimiliki usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini sangat menjajikan. Tingkat kebutuhan masyarakat terutama masyarakat perkotaan akan komputer dan hal-hal lain yang terkait dengannya terlihat menggalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu indikator meningkatnya kebutuhan masyarakat akan komputer adalah semakin genjarnya perusahaan-perusaan computer yang saling berupaya untuk menghadirkan sebuah terobosan teknologi computer terbaru yang bisa menampung dan menunjang segala kegiatan kehidupan dengan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada. Dengan semakin banyaknya computer yang terjual di masyarakat maka keperluan perawatan dan servis pasti akan sangat diperlukan, latar belakang pendidkan yang berbeda membuat tidak semua masyarakat bisa untuk memberikan servis yang baik kepada computer yang dimilikinya. Peluang inilah yang nanti bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan sebuah usaha yang dapat memberikan keuntungan yang banyak.
3.2 Segmentasi Pasar
Sasaran usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini pada dasarnya tidak dibedakan karena yang terpenting adalah orang tersebut memilki komputer yang menggalami kerusakan. Terlepas dari pandangan segmentasi pasar secara umum tersebut kita juga dapat menggelompokan sasaran usaha ini secara khusus. Penggelompokan secara khusus ini didasarkan pada objek yang paling banyak menggunakan komputer. Dalam penggelompokan ini para pegawai kantor dan mahasiwa merupakan sasaran dari segmentasi pasar ini.






3.3 Analisa Pelanggan

Karakteristik dari pelanggan :

>Geografi        : Perkotaan
>Status            : Belum menikan-Menikah
>Sex                : Laki-laki dan Perempuan
>Pekerjaan      : Pegawai kantor dan Mahasiswa
>Umur             : Remaja dan Dewasa




3.4 Media Promosi Yang Digunakan
Promosi dilakukan dengan cara online dan offline yang ini dimaksudkan agar penyampaian promosi ke masyarakat dapat lebih cepat diserap. Pelaksanaan promosi direncanakan akan dilakukan selama empat bulan. Berikut adalah media promosi yang digunakan :
  1. Internet

Memasang iklan lewat internet seperti lewat facebook atau website yang menyediakan
layanan iklan.

  1. Surat kabar.

Agar masyarakat yang suka membaca berita lewat Koran dapat menyerap informasi
promosi tersebut.

  1. Radio

Radio saat ini bisa didengar oleh masyarakat secara lebih luas dan tidak terbatasi oleh
factor ekonomi.

  1. Penyebaran brosur.

Dilakukan sebagai upaya promosi penunjang dari promosi-promosi yang sudah ada.
Penyebaran brosur dilakukan di kantor dan universitas yang tersebar dikota malang.





3.5 Strategi Pemasaran
Agar usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini dapat dengan cepat menarik perhatian masyarakat dan mampu popular diantara sekian banyak usaha sejenis yang sudah ada, maka berikut adalah strategi pemasaran yang nanti akan kami kembangkan :
1.    Melakukan promosi khusus selama dua minggu sebelum usaha ini benar-benar dibuka, ini adalah terobosan awal agar masyarakat mengetahui akan hadirnya usaha ini.
2.    Memberikan diskon khusus selama satu minggu kepada konsumen yang melakukan
servis atau membeli perlengkapan computer dalam jangka waktu tersebut.
3.    Membuat sebuah group pada salah satu situs jaringan social seperti facebook yang bertujuan untuk membuka semacam media untuk berdiskusi tentang usaha yang dikembangkan ini. Pada bulan pertama ditargetkan seluruh mahasiswa informatika anggkatan 2007 telah bergabung dalam komunitas ini.
4.    Melakukan kerja sama dengan beberapa penyelengara usaha sejenis yang letaknya
berada pada sebuah lokasi yang berbeda agar produk dapat lebih mudah terjual.




3.6 Analisa Pesaing
Peluang usaha yang memilki potensi besar tentunya akan mendapat pesaing-pesaing yang berkwalitas pula. Begitu juga dengan usaha yang akan kita bangun kali ini, Terdapat beberapa pesaing yang menurut kami mampu untuk memberikan pengaruh terhadapat perkembangan usaha yang akan kita jalankan ini kedepanya. Berikut adalah beberapa pesaing yang akan kita hadapai serta kekuatan yang mereka miliki saat ini :



  1. Borneo komputer.

Mereka memberikan penawaran harga yang relative murah serta memilki cabang
dibeberapa daerah yang tersebar dikota malang.

  1. Kirana aktif.

Memilki cabang pemasaran yang sudah tersebar dikota malang dan memiliki stategi
bisnis yang bagus yang terlihat dari ramainya konsumen yang datang.

  1. Bio Komputer.

Mereka memilki cabang yang banyak dikota malang serta tenaga kerja yang memilki
kwalitas baik



IV. ANALISA PRODUKSI DAN OPERASI


4.1 Proses Produksi
Untuk mendukung proses produksi dan pelayanan pada usaha ini kami memilki beberapa tenaga kerja. Sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan, tenaga kerja yang ada merupakan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan computer baik itu yang secara langsung menangani masalah servis ataupun yang menjadi mediator dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berasal dari konsumen yang masuk lewat media internet. Untuk masalah barang-barang yang dijual kami secara langsung memesan dari produsen atau agen resmi.

4.2 Bahan Yang Diperlukan


Untuk menjalankan usaha ini berikut adalah bahan-bahan serta perlengkapan yang
kami butuhkan yang nanti akan mendukung kelancaran usaha ini :

1. Komputer
2. Tools yang digunakan untuk melakukan service.
3. Printer.
4. Alat komunikasi (HP / Telepon).
5. Buku dan alat tulis serta kwitansi toko.
6. Akses Internet.


V. ANALISA KEUANGAN


5.1 Modal Awal (Fixed Cost)

Berikut adalah perincian modal awal serta penggunaanya :
1. Sewa tempat 1 tahun                                  :  Rp. 6.000.000
2. Computer kantor                                         :  Rp. 4.000.000
3. Perlengkapan ruangan                                 :  Rp. 3.000.000
4. Tools service                                               :  Rp. 2.000.000
5. Perlengkapan Hardware                              :  Rp. 20.000.000
6. Perlengkapan software                                :  Rp. 3.000.000
7. Aksesoris komputer                                    :  Rp. 2.000.000
TOTAL MODAL                                         :  Rp. 40.000.000

5.2 Pendapatan

1. Servis computer                                          :  Rp. 1.500.000
2. Penjualan peralatan hardware                     :  Rp. 10.000.000
3. Penjualan software                                      :  Rp. 1.500.000
3. Penjualan aksesoris computer                     :  Rp. 1.000.000
TOTAL PENDAPATAN / BULAN           :  Rp. 14.000.000

5.3 Variabel Cost

1. Gaji karyawan                                             :  Rp. 5.000.000
2. Transportasi                                                 :  Rp. 500.000
3. Rekening listrik                                           :  Rp. 100.000
4. Rekening Air                                               :  Rp. 100.000
5. Akses internet                                             :  Rp. 200.000
6. Lain-lain                                                      :  Rp. 500.000
TOTAL OPERASIONAL                           :  Rp. 6.400.000








5.3 ANALISA BEP



BEP    =             Total fixed cost
     ( Pendapatan– Variable cost)


=          40.000.000
            14.000.000 – 6.400.00

=          5,4 bulan


Jadi modal kita dapat kembali dalam jangka waktu 5,4 bulan ( 5 bulan 1 minggu )

















VI. PERSONALIA DAN JADWAL KEGIATAN

6.1 Personalia

Berikut adalah orang-orang yang akan bergabung dalam membangun usaha ini :

>Rizka Fajarini            07560292

>Syakban Nashir         07560293

>Very Wahyu S.         07560297


6.2 Struktur Organisasi




















VII. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, besar kiranya harapan kami agar kedepanya usaha ini dapat benar-benar dibangun karena melihat peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dengan adanya proposal ini kami berharap dapat menjadi referensi untuk pembuatan proposal kedepannya.




Daftar pustaka : http://www.scribd.com/doc/29049231/Proposal-e-Bisnis

1 komentar:

  1. Kasih usulan dunk tema proposal E-Business,, lalu Judul yg baguss untuk proposal.a apa ????

    BalasHapus